Minta Lulusan Luar Negeri Pulang Kampung, Nadiem : Tanah Air Indonesia Butuh Anda

- 2 September 2020, 14:33 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Anwar Makarim. /ANTARA/

SRAGENIA.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh mahasiswa Indonesia lulusan luar negeri untuk kembali dan membangun Indonesia.

"Mohon kembali ke tanah air, negara Indonesia membutuhkan Anda," ujar Nadiem dalam sambutan pada penutupan Simposium Internasional Online Himpunan Pelahar Indonesia (PPI) Dunia 2020 secara virtual pada Minggu 30 Agustus 2020 lalu, dikutip dari Pikiran-Rakyat.com pada 2 September 2020.

Nadiem menuturkan mahasiswa dengan belajar di luar negeri untuk menimba ilmu, pengalaman, membangun jaringan, dan mengenalkan budaya. Tentunya ini akan membantu meningkatkan kompetensi diri dan akan memberi kontribusi bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: [UPDATE] Pemerintah Targetkan Penyaluran BLT Selesai Akhir September, Segera Lengkapi Syaratnya!

Nadiem juga mengatakan bahwa mahasiswa yang telah selesai belajar di luar negeri untuk pulang kampung, sudah saatnya membangun dan meningkatkan kompetensi di tanah air.

"Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Setelah itu kembalilah ke tanah air karena besar sekali dampaknya yang teman-teman bisa lakukan untuk Indonesia," tambah Nadiem.

Dia menambahkan paradigma tentang kebergantungan dunia terhadap sumber daya alam (SDA) telah bergeset ke arah sumber daya manusia (SDM). Saat ini, masyarakat di seluruh dunia menyadari bahwa kunci kemajuan sebuah banga terletak pada sumber daya manusia.

Nadiem menyampaikan untuk mengantarkan Indonesia pada kemajuan sangat membutuhkan usaha kerja keras dan hal tersebut harus disadari.

Baca Juga: Video Viral! Balita Terbang ke Udara Akibat Terlilit Ekor Layangan

Halaman:

Editor: Alan Pebriano

Sumber: Kemendikbud, Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X